Selasa, 11 Mei 2010

DPRD Minta Perusahaan UTamakan Naker Lokal

DPRD Kampar melalui komisi IV meminta agar perusahaan yang ada di Kampar untuk lebih mengutamakan untuk mempekerjakan tenaga local daripada tenaga luar daerah, karena kehadiran perusahaan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat ‘’Untuk itu perusahaan diminta utamakan naker local ‘’ujar wakil ketua komisi IV M Arief dalam pertemuan dengan PT Tasma Puja di Pabrik kelapa sawit (PKS) di Tasma puja Kampar Timur (10/5)



Dijelaskan Arief dari banyak kunjungan ke berbagai perusahaan yang dilakukan oleh Komisi IOV ditemukan banyak perusahaan yang tidak memberikan tempat bagi tenaga kerja local, kalaupun ada tenaga kerja local mereka diposisikan di tempat yang rendah dari tenaga kerja luar daerah seperti menjadi security.


Hal lain yang menjadi sorotan dari komisi IV adalah penyediaan peralatan keselamatan Kerja, seperti sebelumnya di PT Harvenia Lestari Kampar (HLK) Tambang, para pekerja pengolahan karet tersebut banyak yang tidak menggunakan atribut keselaamatan kerja, seperti sepatu boot, masker penutup hidung dan sarung tangan, sehingga apabila terjadi kecelakaan maka akan mudah menewaskan para pekerja tersebut. ‘’apalagi di PT HLK ini sudah sering terjadi kecelakaan ‘’ujar Arief Prihatin.


Arief lebih jauh menyatakan pihak perusahaan harusnya menyadari bahwa pekerja adalah asset mereka yang akan meningkatkan dan memajukan usaha mereka, untuk itu pihak perusahaan hendaknya b isa menjaga dan memelihara asset ini. ‘’Kalau pegawai disia siakan maka yang akan rugi adalah perusahaan sendiri ‘’ujarnya.

Kepala abrik PKS Tasma Puja Handoyo kepada Riaupos ketika dikomfirmasi Riau pos menyatakan perusahaannya sudah mempekerjakan tenaga kerja local dengan perbandingan 70:30 dibandingkan dengan tenaga kerja luar Kampar. ‘’Kalau security seluruhnya dari Kampar ‘’ujarnya.


Sedangkan Dirut PT HLK HUsin ketika dikomfirmasi menyatakan pekerjanya sebagian besar pekerja dipabriknya adalah tenaga kerja local dan ini tentu saja sudah sesuai dengan aturan dari pemerintah. (rdh)

Aksi Balap Liar Marak lagi di Tambang

Aksi balap liar yang sebelumnya sudah ada di Jembatan Danau di kecamatan Tambang sekarang makin marak, setiap malam minggu para pembalap l;iar adu nyali untuk memenangkan pertandingan balap tidak resmi tersebut. Para pemuda ini mengakui kegiatan balap liar yang sudah banyak memakain kroban hanyalah untuk mengisi waktu luang atau sekedar iseng saja.


‘’Aksi balapan ini merupkan suatu kebanggaan dan sangat mengasikkan. Apalagi ketika disaksikan pengunjung yang cukup ramai setiap sore hingga dini hari,’’ujar dimas salah satu pemuda kepada Riaupos di Tambang (11/5).


Diakuinya ini memang membuat resah banyak pihak padahal menurutnya kegiatan ini banyak diminati banyak anak muda, karena melatihj kemampuan mereka dalam hal balapan.


Smeentara itu H yusri salah satu tokoh masyarakat Tambang malah menyatakan sebaliknya, kepada Riaupos di Tambang (11/5) menyebutkan kegiatan Balap liar ini malah membuat masyarakat kesal, karena selain suaranya yang bising dan meraung raung juga membuat buruk citra Tambang. ‘’Malam hari disaat orang lain mau tidur mereka malah ribut dan bersuara bising ‘’ujarnya.


Masyarakat juga kadang dikagetkan dengan banyaknya bencana dar balapan tersebutdimana sudah banyak nyawa yang melayang sehingga membuat jembatan itu menjadi angker.


Sementara itu Kapolsek Tambang AKP Dedi R ketika dikomfrimasi Riaupos (11/5) mengakui adanya keresahan warga tentang balapan liar ini, untuk itu pihaknya sudah melakukan razia setiap malam minggu. ‘’Hanya saja kalau kita dating mereka pergi dan kalau kita pergi mereka dating, tak jarang kami harus patroli sampai pagi ‘’ujarnya .


Balapan liar ini memang sudah ada sejak lama namun sudah mulai menurun sejak tiga bulan belakangan ini, diakuinya memang sulit menghentikannya secara tuntas karena pelakunya bukan hanya pemuda tambang semata namun juga dating dari daerah lain seperti airitirs dan pekanbaru ‘’ujarnya.
Dengan masyarakat Tambang sendiri Dedy menyatakan sudah melakukan kesepakatan bahw pemuda Tambang tidak akan melaksanakan balapan tersebut bahkan Ninik mamak juga sepakat akan memberikan hukuman langsung bagi pihak anak kemenakannya kalau mereka balapan.’’sosialsiasi dna pengarahan sudah kita laksanakan untuk ini ‘’ujarnya (rdh)

s

Kampar Cari Bibit Unggung Daerah Melalui Porseni


*Wabup buka Porseni tingkat SD/MTS


Pekan olahraga dan seni ( Porseni) salah satu ajang kegiatan dalam membentuk kepribadian siswa-siswa generasi penerus bangsa untuk bisa berjiwa sportif dan cinta akan seni budaya bangsa, demikian disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Kampar Teguh Sahono.SP dalam acara pembukaan pekan olahraga dan seni tingkat SD/MI dan SMP/MTS se-kabupaten Kampar di pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak, Kecamatan Kampar pada Selasa ( 11/5).


Ajang Porseni ini diharapkan dapat mencari bibit-bibit unggul di level SD/MI dan SMP/MTS dalam bidang olahrag seni dan budaya , dan untuk itu sekolah-sekolah di Kabupaten kampar harus turut mengambil bagian dalam ajang ini, dan turut serta dalm membina dan mempersiapkan siswa yang berprestasi sejak usia dini.


Teguh Sahono dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bidang olahraga bagi generasi muda, pembinaan generasi muda menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah melalui pembangunan sector pendidikan dan pembinaan generasi muda.


Pemerintah Kabupaten kampar dalam upaya menyuksesskan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional XVIII tahun 2012 yang akan datang, telah menyampaikan kesiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan beberapa venus olah raga, untuk itu melalui kebijakan pembangunan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan PON tersebut di kabupaten kampar, telah diambil langkah konkrit dalam pembenahan sarana olah raga yang ada, maupun membangun sarana olah raga yang baru, disamping itu Pemkab kampar juga membangun pelebaran jalan Negara untuk kelancaran transportasi pelaksanaan PON tahun 2012 di Propinsi Riau ini.


Untuk itu Pemerintah mengaharapka peran serta masyarakat untuk mendukung terlaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, khusus dalam upaya pembangunan pelebaran jalan ini, sehingga berkaiatan permasalahan pembebasan lahan yang terkena jalur pelebaran dapat sedemikian rupa diselesaikan.


Berkaiatan pelaksanaan Porseni PP-Tarbiyah Islamiyah Tj.Berulak, Teguh Sahono menyampaikan apresiasi dan penghargaannya, sekaligus mendukung keinginan pondok pasantren agar ajang ini menjadi agenda ditingkat kabupaten dan untuk mewujudkannya diharapkan agar pondok pesantren berkoordinasi dengan dinas teknis terkait. Disamping itu Pemda Kampar juga menunjukkan kepedulian terhadap pendidikan dalam bidanga agama dengan pembangunan fisik pesantern-pesantren di Kabupaten Kampar dan ini akan terus kita tingkatkan, demi mendukung generasi-generasi penerus bangsa yang berilmu pengetahuan dan beriman taqwa.


Pimpinan Pesantren Tarbiyah Islamiyah Zulkifli. MED menyampaikan ini adalah Porseni yang kedua dengan jumlah peserta 16 sekolah SD/MI dan 12 sekolah SMP/MTS se-kabupaten Kampar. Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain futsal, volley ball, tennis meja, pidato 3 bahasa ( Indonesia , Arab, Inggris), Fahmil Alquran, syarhil Alquran dan cerdas cermat yang berlangsung dari tanggal 11 – 16 Mei.


Kepala Kantor Kementrian Agama H. Fairuz.MA dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pondok pesantren dalam ajang Porseni ini, karena dapat menampilkan kegiatan dengan dana swadaya. Diharapkan Porseni ini tidak hanya diikuti oleh siswa-siswa tapi juga para pendidik harus turut serta ambil bagian dengan menampilkan olahraga seni dan budaya.

Disamping itu beberapa hal yang dikembangkan di madrasah bahwasanya dalam rangka pembentukan pribadi siswa yang berilmu pengetahuan dan beriman taqwa ditetapkan untuk tingkat MI( Madrasah Ibtidayah) harus hafal 1 juz Alquran, MTS ( Madrasah Tsanawiyah) 3 juz Alquran dan tingkat Aliyah hafal 5 Juz Alquran untuk menamatkan sekolah masing-masing, demikian disampaikan Fairuz.

Turut hadir dalam acara tersebut,Camat Kampar Joni Safrin dan Upika kecamatan Kampar, Kacab Dispora, Kepala desa tanjung berulak (rdh)


Design by Amanda @ Blogger Buster