Rabu, 17 Maret 2010

DPRD minta alokasi untuk Kebutuhan yang paling mendesak

*Kampar Dapat DAK untuk SD Rp 19,2 M


BANGKINANG (RP) komisi II DPRD Kampar yang membidangi bidang pendidikan, kesehatan dan sosial lainya meminta pemerintah kabupaten Kampar melaksanakan pembagian anggaran sesuai dengan kebutuhn yang paling mendesak. ‘’seperti adanya dana alokasi untuk SD hendaknya diberikan berdasarkan SD yang membutuhkan bukan berdasarkan usulan semata ‘ujar Ketua Komisi II DPRD Kampar Ali Sobirin kepada Riaupos di Bangkinang (17/3).


Dijelaskan politisi dari PKS ini bahwa dalam tahun 2010 ini kabupaten Kampar mendapatkan anggaran dana dari pusat untuk peningkatkan mutu pendidikan disekolah dasar, anggaran dengan nama dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 19, 2 M yang diajukan untuk penambahan ruang belajar (lokal) atau perangkat/peralatan pelajaran, namun sekolah yang bisa mendapatkan akreditasi.

Untuk propinsi Riau menurutnya ada tiga kabupaten yang mendapatkan DAK untuk pendidkan SD dan SMP ini, pertama Kabupaten Kampar untuk Pendidikan SD sebanyak Rp 19,2 M, kabupaten kuangsing sebanyak untuk SD Rp 6,5 M dan untuk SMP sebanyak Rp 4,5 M, dan yang terakhir adalah kabupaten Rohul untuk SD sebanyak Rp 14,5 M dan SMP sebanyak Rp 4,8 M.


Ali yang saat itu bersama dengan anggota fraksi PKS yang lain yaitu HM Bambang juga menyatakan saat ini memang masih banyak sekolah dasar di Kampar yang berada dalam kondisi menyedihkan baik karena kekurangan sarana maupun kekurangan ruang belajar, dan ini harus menjadi perhatian, karena banyak pula sekolah yang masih minim ini tidak mengajukan permohonan kepada pemerintah baik melalui musrenbang dan bisa saja disebabkan karena kepala sekolah yang kurang proaktif atau jaraknya yang jauh. ‘’hendaknya dinas terkait mempunyai data base sekolah mana yang paling membutuhkan ‘’ujarnya.


Dana seperti ini memberikan kontribusi yang besar untuk kampar karena dengan keterbatasan dana yang dimiliki Kampar saat ini dan ini harus diamnfaatkan sesuai dengan kebutuhan. ‘semua munkin membutuhkan namun sekolah yang paling mendesak dan paling membutuhkan’ ujarnya (rdh)

Design by Amanda @ Blogger Buster