Minggu, 02 Mei 2010

Warga Kampar Di Rantau Diminta Bangun Kampar

Bupati Kampar Drs H Burhanuddin husin MM mengajak Ikatan Keluarga Dumai Kabupaten Kampar untuk dapat memberikan kontribusinya dalam proses pembangunan di Kabupaten Kampar, antara lain dengan memberikan pokok – pokok pikiran kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan – kebijakan di Kabupaten Kampar. Selain itu juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Kampar untuk merobah pola pikir ( meandset ), untuk melakukan perobahan diberbagai bidang kehidupan masyarakat, di Kabupaten Kampar.


Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bupati Kampar Drs. H Burhanuddin Husin MM, dihadapan Warga masyarakat Dumai asal Kabupaten Kampar, ketika mengadakan silaturrahmi dengan Ikatan Keluarga Dumai Kabupaten Kampar ( IKDKK ) dengan Pemerintah kabupaten Kampar, Sabtu ( 1/5 ) di Pandopo Wali Kota Dumai, yang dihadiri oleh Wali Kota Dumai Zulkifli AS bersama Wakil Wali Kota Dumai Sunaryo, Asisten II Wali Kota Dumai dan Kabupaten Kampar beserta masyarakat Dumai asal Kabupaten Kampar.


Lebih lanjut Burahunuddin Husin mengatakan “ Saya sangat gembira sekali dapat datang ke kota Dumai ini, selain dapat betemu dengan warga masyarakat kabupaten Kampar yang berada di Dumai, dan juga dapat melihat dari dekat perkembangan kota Dumai yang sangat pesat sekali. Hal ini tidak terlepas dari peran H Zulkifli AS sebagai Wali Kota Dumai dan wakil Wakil Wali Kota Saudara Sunaryo bersama seluruh komponen masyarakat Kota Dumai dalam membangun kota Dumai yang begitu cepat sekali. Hal ini perlu menjadikan contoh bagi Kabupaten Kampar dalam pembangunan dimasa mendatang.


Burhanuddin Husin lebih lanjut mengatakan; bahwa persoalan yang dihadapai oleh Kabupaten Kampar dalam proses pembangunan, paling tidak terdapat dua persoalan yang paling krusial selain dari persoalan- persoalan yang ada, yakni persoalan kemiskinan dan Sumber Daya Manusia. Persoalan kemiskinan di Kabupaten Kampar, kalau dibandingkan pada tahun 2006, di Kabupaten Kampar terdapat 26% Keluarga miskin dari jumlah KK yang ada di Kabupaten Kampar dan tahun 2009 jumlah angka kemiskinan telah dapat diturunkan menjadi sekitar 17 % dari jumlah KK .


Lebih lanjut Burhanuddin Husin mengatakan; Persoalan kemiskinan khususnya di Kabupaten Kampar bukanlah disebabkan oleh struktur ekonomi, yang mana Kabupaten Kampar sangat kaya akan sumber daya alam serta potensi potensi lainnya yang dapat dikembangkan oleh masyarakat itu sendiri, akan tetapi kemiskinan banyak disebabkan oleh kultur / budaya masyarakat Kabupaten Kampar, yang kadangkala ingin menjadi kaya / mendapatkan uang secara instan ( cepat ). Oleh sebab itulah banyak lahan – lahan masyarakat yang bisa diolah / digarap oleh masyarakat itu sendiri, dijual kepada pihak – pihak lain bahkan kepada pihak luar Kabupaten Kampar. Hal ini tetu saja akan berdampak buruk bagi kelangsungan kehidupan masyarakat Kampar di kemudian hari.


Sedangkan persoalan SDM, di Kabupaten kampar saat ini dari jumlah penduduk hampir 50% yang tidak tamat Sekolah Dasar, dan 1,7% - 2% dari jumlah penduduk yang baru tamat Perguruan Tinggi ( Sarjana ). Dan Sarjana ini banyak didominasi oleh Sarjana Sosial seperti Sarjana Agama, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan lain sebagainya. Dan sedikit sekali yang sarjana eksakta yang banyak diperlukan dalam proses pembangunan di Kabupaten Kampar.


Menyinggung tentang Pemilukada Kotamadya Dumai yang akan berlangsung pada tanggal 3 Juni 2010 mendatang, Burhanuddin Husin menghararapkan kepada warga Kabupaten Kampar yang berada di Dumai, untuk dapat menykseskannya, serta dapat memilih calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang terbaik dan telah banyak berkarya untuk kemajuan kota Dumai .


Pada kesempatan tersebut Bupati Kampar, menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat Kabupaten Kampar yang berada di kotamadya Dumai, berupa uang tunai sebesar Rp 20.000.000. ( dua puluh juta rupiah ) yang diterima langsung oleh Ketua Ikatan Keluarga Dumai Kabupaten Kampar ( IKDKK ) Ibrahim Lisuik. Bantuan tersebut dapat dipergunakan untuk biaya operasional organisasi IKDKK, untuk kemajuan dimasa mendatang. (rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster