Minggu, 02 Mei 2010

Warga Harus Sukseskan Sensus Penduduk

BANGKINANG (rdh) Bupati Kampar, Drs H Burhanuddin Husin, MM meminta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kampar untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 yang dilaksanakan dari tanggal, 1-31 Mei 2010, dengan cara memberikan data keterangan jati diri individu, keterangan rumah tangga dan keterangan kondisi tempat tingga kepada petugas Sensus Penduduk yang mendatangi setiap tempat tinggal penduduk diwilayah Kabupaten Kampar.

’’ Seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat memberikan data yang benar sesuai dengan kondisi yang ada, karena dari realitanya pencacahan oleh petugas Sensus Penduduk di rumah kediaman saya, ternyata rata-rata untuk setiap rumah tangga yang dicacah dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.’’ujar Burhan saat menerima petugas sensus 2010 di rumah dinasnya di Bangkinang (1/5).

Petugas Sensus Penduduk 2010 dari BPS Kabupaten Kampar yang mendatangi rumah kediaman Bupati Kampar adalah Indah Pratiwi dan Elsa Kamelina yang didampingi pula oleh Kepala BPS Kabupaten Kampar, Rafdi, SST, Kasi Merilis BPS Kampar, Sumirat, SST, Kasi Sosial BPS Kampar, Tugiman dan Kasi Distribusi BPS Kampar, Novizon serta hadir pula Camat Bangkinang, H Sugianto, S.Sos serta Kepala Kelurahan Langgini, Adnan, S.Sos.

Waktu 30 menit menurut Burhan itu dapat diselesaikan bila kepala rumah tangga menguasai dan mengetahui data-data yang diminta petugas Sensus Penduduk. Dan untuk kelancaran pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 saya juga menghimbau agar masing-masing Kepala Rumah Tangga mempersiapkan Kartu Keluarga (KK), KTP dan keterangan jati diri lainnya untuk memperlancar proses pencacahan oleh petugas Sensus.

Khusus kepada para petugas Sensus Penduduk 2010 yang melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Kampar, Burhanuddin Husin juga menghimbau agar petugas sensus melaksanakan tugas dengan baik dan dengan rasa penuh tanggungjawab, dan sabar karena manusia yang dihadapi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk, dengan krakter yang berbeda. Sensus ini merupakan tugas yang berat yang harus dihadapi dengan penuh ketelitian, ketekunan dan kesabaran serta dengan batas waktu yang ditentukan yakni dari 1-31 Mei 2010 , mudah-mudahan tugas mulia tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Kepada pihak-pihak pimpinan perusahaan besar, tepatnya diwilayah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kampar diminta untuk membantu kelancaran pelaksanaan Sensus Penduduk. Realitanya diwilayah perkebunan, petugas Sensus Penduduk baru dapat melakukan tugasnya setelah karyawan atau petani kebun pulang dari wilayah tempat kerjanya pada sore hari. Artinya waktunya sangat terbatas.

Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh jajaran manajemen perusahaan yang memperkerjakan ratusan bahkan ribuan karyawan agar menjadualkan secara bertahap bagi karyawannya untuk dicacah oleh petugas Sensus. Misalnya karyawan suatu perusahaan ada sekitar 500 orang, maka diharapkan pihak perusahaan dapat memberikan dispensasi bagi karyawan 50 orang per hari untuk dicacah petugas Sensus. Artinya dalam jangka waktu sepuluh hari seluruh karyawan telah siap dimintai keterangan oleh petugas Sensus Penduduk 2010.

Kepada jajaran pemerintahan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kampar yang lebih mengenal wilayahnya masing-masing agar memberikan dukungan penuh bagi suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 di Kabupaten Kampar. Sangat baik bila Kepala Desa dan Kepala Kelurahan serta staf dapat senantiasa mendampingi petugas Sensus Penduduk, sehingga akan lebih memperlancar tugas pencacahan yang dilakukan petugas Sensus Penduduk.

Kepada petugas Sensus Penduduk dari BPS Kabupaten Kampar, Burhanuddin Husin mengungkapkan bahwa ”Saya orang Kampar, punya KTP dan secara kebetulan berdomisili di Pekanbaru dan hal tersebut dibenarkan pula oleh Camat Bangkinang dan Kepala Kelurahan Langgini.

Kepala BPS Kabupaten Kampar, Rafdi, SST yang ditemui usai mendampingi petugas Sensus Penduduk 2010 yang melakukan pencacahan pertama tingkat Kabupaten Kampar di rumah kediaman Bupati Kampar menambahkan bahwa jumlah petugas Sensus Penduduk 2010 Kabupaten Kampar sebanyak 1.832 orang yang terdiri dari koordinator lapangan sebanyak 56 orang, koordinator tim sebanyak 444 orang dan petugas pencacah lapangan 1332 orang yang menyebar di 20 Kecamatan di Kabupaten Kampar.(rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster