Minggu, 02 Mei 2010

Puting Beliung Hantam Desa Taratai Rumbio Jaya


*Belasan rumah dan los pasar porak-poranda

Malam minggu warga desa Teratai kecamatan Rumbio Jaya terusik saat hujan deras mengguyur desa tersebut sabtu malam (1/5), hujan deras tersebut jugab diiringi dengan petir dan angin yang sangat kencang bahkan kemudian menjadi putting beliung dan menerbangan atap. ‘’Kami kaget sekali karena angin kencang ini malah menerbang atap KUD suaranya keras dan mengejutkan warga ‘’jelas Kepala desa Teratai Mukhlis kepada rdh di desa tersebut (2/5).


Para warga yang kaget dengan suara atap KUD itu berlarian keluar rumah walaupun petir dan angin masih kencang, karena kalau memilih berada dalam rumah dikhawatirkan akan mengancam keselamatan ‘’untungnya didesa ini tidak begitu banyak tanaman yang tinggi sehingga tidak begitu khawatir adanya pohon tumbang ‘’ujarnya.


Angin ternyata tidak hanya membawa atap asbes dari kantor KUD para petani sawit ini namun juga papan naman KUD, los yang ada di pasar didesa tersebut, sekitar sepuluh los yang atapnya diterbangkan angin. ‘’angin kencang ini berlangsung hampir satu jam dan baru berhenti sekitar pukul 09:20 menit ‘’ujarnya.


Begitu hujan reda pihak desa segera mendata kerusakan, dan terutama warga yang terlika, dan ternyata tidak ada warga yang terluka karena warga umumnya keluar rumah untuk menyelamatkan diri, sementara itu untuk kerusakan dari hasil pendataan hingga pagi minggu (2/5) kerusakan sekitar 12 los pasar tersebut rusak, kantor KUD , 12 rumah warga dan atap mesjid Jamik yang merupaakan pusat kegiatan ibadah warga. ‘’memang kita belum hitung secara keselurhan namun setidaknya kerugian mencapai 20 juta ‘’ujarnya.


Beberapa warga juga terlihat trauma dengan kejadian, hingga pagi minggu beberapa warga mengaku belum tidur karena berjaga-jaga kalau ada angin kencang lagi karena malam tersebut cuaca tetap gelap dan sedikit berangin. ‘’Takut juga soalnya rumah saya sudah cukup tua..takutnya atapnya jga terbang ‘’ujar Yamin salah satu warga kepada rdh


Beberapa warga terlihat memeprbaiki atap rumahnya agar kalau ada angin susulan nantinya tidak akan membahayakan (rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster