Senin, 10 Mei 2010

Lulus tak Lulus ..Nangis

Melihat kegembiraan siswa SMP Lulus Ujian



Jumat (7/5) giliran siswa SMP yang menerima hasi ujian mereka, pengumuman lulus ujian SMP ini diwarnai dengan tangisan, baik itu oleh tangisan bahagia maupun tangisan kesedihan. Seperti pantaua Riuapos di SMP N I kampar Timur, 257 siswa siswi kelaas IX menerima hasil ujian mereka didampingi orang tua masing masing.


Sebelum mendapatkan hasil yang diberikan dalam amplop tertutup para siswa diberikan penjelasan terlebih dahulu, bahwa kalaupun mereka dinyatakan tidak lulus mereka masih dapat mengikuti ujian ulangan.


Begitu membuka amplop berbagai reaksi muncul, ada yang wajahya sumringah ada juga yang langsung menangis, awalnya Riaupos menyangka tidak lulus ketika salah seroang siswi memeluk Ibunya sambil menangis dan sang ibu yang mengendong sang adik mencoba membujuk. Namun saat ditanya ternyata siswa tersebut lulus dan karena saking tegang dan bahagianya maka ia menangis, bukan hanya siswi tersebut ada juga sekelompok siswi menangis bersama dan ternyata mereka juga siswi yang lalu ‘’senang saja makanya menangis ‘’ujarnya.


Dan tentunya bagi siswa yang tidak luilus juga memangis namun karena disabarkan orang tua banyak diantara mereka yang terlihat sabar. Kepala SMP N I kampar Timur Hendri Spd menyatakan siswanya yang mengikuti ujian sebanyak 257 orang dan yang tidak lulus sebanyal 27 orang ‘’Namun kita akan melakukan pembimbingan study kembali sehngga mereka bisa lulus ‘’ujarnya.


Sementara itu dari pengumuman kelulusan ujian akhir murid SMP/MTS Kampar kemarin (7/5) dinyatakan bahwa dari 10.970 siswa MTS/SMP yang mengikuti ujian yang tidak lulus sebanyak 569 orang. ‘’Namun kita patut berbangga karena Kampar meraih predikat pertama untuk kelulusan MTs dan peringkat ke 2 untuk SMP se Riau ‘’ujar Kadisdikpora melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdikpora Hj Neneng Suryani


Dijelaskannya ini adalah hal yang menggembirakan karena menunjukkan adanya prestasi para murid tingkat SMP dan MTs iniu, secara rinci dijelaskannya siswa Mts yang mengikuti ujian sebanyak 3.403 siswa dan yang dinyatakan lulus sebanyak 3.207 siswa, dengan artian prosentase kelulusan sebesar 94,24 persen dengan siswa yang tidak lulus sebanyak 196 siswa dengan persentase 5,76 persen.


Sementara itu untuk SMP kelulusan SMP, Kabupaten Kampar meraih posisi dua se-Provinsi Riau,siswa yang mengikuti ujian sebanyak 7.567 orang siswa dan yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 373 siswa ‘’Dengan artian tingkat kelulusan sebesar 92,3 persen sedangkan yang tidak lulus sebesar 4,92 persen ‘’ujarnya.


Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus maka mereka dapat mengikuti ujian ulang pada 17 Mei mendatang dan diharapkan kepada siswa tersebut untuk mempersiapkan diri (rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster