Selasa, 11 Mei 2010

DPRD Minta Perusahaan UTamakan Naker Lokal

DPRD Kampar melalui komisi IV meminta agar perusahaan yang ada di Kampar untuk lebih mengutamakan untuk mempekerjakan tenaga local daripada tenaga luar daerah, karena kehadiran perusahaan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat ‘’Untuk itu perusahaan diminta utamakan naker local ‘’ujar wakil ketua komisi IV M Arief dalam pertemuan dengan PT Tasma Puja di Pabrik kelapa sawit (PKS) di Tasma puja Kampar Timur (10/5)



Dijelaskan Arief dari banyak kunjungan ke berbagai perusahaan yang dilakukan oleh Komisi IOV ditemukan banyak perusahaan yang tidak memberikan tempat bagi tenaga kerja local, kalaupun ada tenaga kerja local mereka diposisikan di tempat yang rendah dari tenaga kerja luar daerah seperti menjadi security.


Hal lain yang menjadi sorotan dari komisi IV adalah penyediaan peralatan keselamatan Kerja, seperti sebelumnya di PT Harvenia Lestari Kampar (HLK) Tambang, para pekerja pengolahan karet tersebut banyak yang tidak menggunakan atribut keselaamatan kerja, seperti sepatu boot, masker penutup hidung dan sarung tangan, sehingga apabila terjadi kecelakaan maka akan mudah menewaskan para pekerja tersebut. ‘’apalagi di PT HLK ini sudah sering terjadi kecelakaan ‘’ujar Arief Prihatin.


Arief lebih jauh menyatakan pihak perusahaan harusnya menyadari bahwa pekerja adalah asset mereka yang akan meningkatkan dan memajukan usaha mereka, untuk itu pihak perusahaan hendaknya b isa menjaga dan memelihara asset ini. ‘’Kalau pegawai disia siakan maka yang akan rugi adalah perusahaan sendiri ‘’ujarnya.

Kepala abrik PKS Tasma Puja Handoyo kepada Riaupos ketika dikomfirmasi Riau pos menyatakan perusahaannya sudah mempekerjakan tenaga kerja local dengan perbandingan 70:30 dibandingkan dengan tenaga kerja luar Kampar. ‘’Kalau security seluruhnya dari Kampar ‘’ujarnya.


Sedangkan Dirut PT HLK HUsin ketika dikomfirmasi menyatakan pekerjanya sebagian besar pekerja dipabriknya adalah tenaga kerja local dan ini tentu saja sudah sesuai dengan aturan dari pemerintah. (rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster