Kamis, 06 Mei 2010

DPRD Kampar Bakal Revisi Tatib


DPRD Kampar sepertinya segera melakukan revisi terhadap tata tertib (Tatib) DPRD Kampar pasca keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) No 16 Tahun 2010. PP tersebut mengatur tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD dan tata tertib DPRD. “Dalam aturan peralihan tatib \ (DPRD Kampar), disebutkan bahwa tatib akan direvisi setelah PP mengenai tata tertib \ dikeluarkan pemerintah,” kata mantan Ketua Pansus Tatib DPRD Kampar, H Azaidun SH.


Sebelumnya, pada bulan Januari lalu, DPRD Kampar memang telah mengesahkan tata tertibnya. Ketika itu, disebabkan tatib mendesak untuk disusun, maka acuan yang digunakan dalam penyusunan dan pengesahan tatib adalah Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang kedudukan DPR, DPD, DPRD dan MPR. Tatib tersebut bersifat “sementara” menjelang dilakukan revisi untuk disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang khusus mengatur tentang penyusunan Tatib.


Ketua DPRD Kampar Drs H Syafrizal MSi, mengungkapkan, perubahan Tatib DPRD Kampar memang akan dilakukan pasca keluarnya PP No 16 Tahun 2010. Malah, sejak Selasa (4/5), melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional yang ditaja Lembaga Kajian Politik dan Pemerintah Daerah (LKP2D), para wakil rakyat Kampar sedang mendalami isi PP tersebut. “Ini merupakan diantara upaya dalam memahami PP yang dimaksud,” kata Syafrizal.


DPRD Kampar, merupakan diantara lembaga legislatif yang diundang LKP2D —salah satu lembaga yang terakreditasi di Departemen Dalam Negeri (Depdagri)— untuk mengikuti Bimtek bertemakan Tugas Pokok dan Fungsi Pimpinan dan Anggota DPRD Terkait dengan PP No 16/2010. Selain DPRD Kampar, Bimtek tersebut juga dihadiri oleh DPRD Wonogiri. “Pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam upaya pembekalan dan peningkatan tugas dan fungsi anggota legislatif,” ungkap Syafrizal. Mafhum saja, periodesasi anggota DPRD saat ini belum jalan satu tahun, sehingga tentu saja masih banyak memerlukan berbagai pembekalan sebagai penunjang dal;m menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat.


Dari Kampar sendiri, Bimtek yang dijadualkan berlangsung selama lima hari tersebut juga diikuti pegawai sekretariat DPRD Kampar. Narasumber berasal dari Depdagri dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dari Depdagri, narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini adalah; Dr Agus Fatoni, Drs Sahat Marulitua MA, Drayanto dan Zanirudin SH MSi. Sedangkan dari BPK, narasumber yang dihadirkan adalah Bahrulloh Akbar. (rdh)

Tidak ada komentar:

Design by Amanda @ Blogger Buster