Minggu, 01 Februari 2009

SDM Meningkat, Kampar Bentuk Formulasi Baru

*Dalam menyerap tenaga kerja

BANGKINANG (RP),, Dalam dunia pendidikan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar tidak hanya memikirkan peningkatan mutu pendidikan namum akan berencana untuk menggiring putra daerah mereka agar mampu masuk kedalam dunia kerja dan bekerja didaerahnya sendiri. ‘’ Berdasarkan informasi data yang dihimpun dari Bappeda Kabupaten Kampar menyebutkan bahwa putra daerah kabupaten Kampar sudah terserap dalam lapangan pekerjaan diantaranya berpendidikan S1 sekitar 70 % dan untuk pendidikan S2 baru sekitar 30 % Mereka bekerja di pemerintahan dan swasta. ‘’ujar Bupati Kampar Drs. Burhanuddin Husien MM pada acara pengukuhan Forum Kelembagaan Mahasiswa Kabupaten Kampar Pekanbaru (FKMKP), Sabtu (31/1).

Burhan menyebutkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar akan membuat suatu formulasi dalam penyerapan tenaga kerja dari daerah sendiri. Karena di lihat dari sumber daya manusia masyarakat Kampar telah memiliki kemampuan untuk bekerja. Dengan demikian sudah saatnya pemerintah daerah memikirkan formulasi penyerapan tenaga kerja dari daerah sendiri sehingga nantinya kedepan kabupaten Kampar dapat dimajukan oleh putra daerahnya sendiri.

Formulasi ini nantinya diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi tenaga kerja dari local kampar sendiri, selama ini harus diakui masyarakat kampar yang bersaing dalam dunia kerja belum sampai pada level yang menentukan, kebanyakan maish dalam posisi buruh atau pekerja saja. ‘’ini yang akan kita tingkatkan, tentu saja daya saing dari pekerja local itu juga harus tinggi, ‘’ujarnya.

Persoalan kerja memang masih menjadi salah satu persoalan yang harus diselesaikan pemerintah Kampar, namun dengan peningkatkan SDM ini diharapkan untuk dapat diatasi secarabertahp.sementara itu kepada para mahaswiswa Burhan menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa agar para mahasiswa-mahasiswi kabupaten Kampar sudah seharusnya merubah paradigma dari pemikiran yang selama ini terjerumus dalam kegiatan yang sifatnya berupa seremonial untuk menuju kegiatan yang lebih konsepsional dan fenomental begitu juga pada eksistensi kelembagaan kemahasiswaan.

“Eksistensi kelembagaan mahasiswa bukan ditentukan oleh jumlah kelembagaanya, akan tetapi ditentukan oleh sejauh mana kelembagaan itu dapat memberikan kontribusi positif dan konstruktif terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan negara khususnya Kabupaten Kampar” ungkap Burhanuddin

acara pengukuhan FKMP, Mittiar Hamid Kampai dikukuhkan sebagai Sekjen FKMKP dengan masa jabatan 2009-2010. FKMKP dibentuk berdasarkan surat keputusan bersama nomor 001/SK/FKMKP/I/2009. Kelembagaan ini terbentuk dengan bergabungnya tiga organisasi mahasiswa Kampar yang berada di Pekanbaru yaitu gabungan dari Himpunan Mahasiswa Kabupaten Kampar Riau (HMKKR), Himpunan Pelajar Pemuda Mahasiswa Kampar (HIPEMASKA) dan Himpunan Mahasiswa Ocu Kampar.

Pengukuhan tersebutselain dihadiri oleh Buapti Kampar Drs Burhanuddin Husin MM, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar Masnur SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Zulher MS dan Pejabat Asisten Pemerintahan, Ekonomi dan Administrasi Umum serta sejumlah Kepala Dinas Kabupaten Kampar. (rdh)



Design by Amanda @ Blogger Buster