Kamis, 01 Januari 2009

Kampar Masih puntya 112 Desa dan 2019 KK miskin


BANGKINANG (RP), Bupati Kampar Drs H Burhanuudin HUsin MM menyatakan hingga saat ini ini kabupaten Kampar masih mempunya 112 desa yang miskin, dari 250 desa yang dimiliki pada 20 kecamatan yang ada di Kampar, bahkan dari data ini 41 desa diantaranya masih dinyatakan sebagai desa sangat tertinggal yang tentunya membutuhkan penanganan khusus dan segera .


Hal ini diungkapkan Burhan pada kegiatan sosialsiasi sosialisasi Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2005-2025 dan rencana pembangunan jangka Menengah daerah (RPJMD) 2007-2011 Kabupaten Kampar bertempat di Aula kantor Buparti Kampar Bukit Cadika Bangkinang akhir tahun 2008 yang lalu, Burhan menyatakan ini adlaah PR besar dan kerja keras bagi pemerintan kampar untuk menyelesaikannya.


Untuk ini Burhan meminta masing-masing dinas teknis terkait mampu membuat program kegiatan yang terukur dan konkrit untuk memberantas kemiskinan pertahun 2-3 % maka 3000 kepala keluarga telah dapat diselamatkan dari belenggu kemiskinan ini. Untuk mengujudkan ini, masing-masing sateker harus lebih kreatif, menggali dan menarik sumber dana pembangunan seperti dari sumber APBN dalam bentuk Kredit Usaha rakyat dan program pinjaman bunga lunak dari Bank Indonesia yang jumlahnya cukup besar.


Disamping itu program kegiatan yang dibuat haruslah lebih Fokus dan berkesinambungan, terutama tujuh dinas teknis yang terlibat langsung kepada upaya pemberantasan kemiskinan, dan kepada pimpinan satker yang baru dilantik, hendaknya jangan terlalu mudah merubah program yang telah ditetapkan.


Untuk itu Burhan minta pejabat yang baru dilantik hendaknya dapat mempelajari secara seksama, apakah program yang sudah disusun pejabat terdahulu masih layak atau tidak, apabila tidak layak lagi, hendaknya dilakukan koordinasi dengan pimpinan bersama Bappeda.


‘’Pejabat boleh berubah frogram jangan serta merta berubah, apa lagi berkaiatan dengan kebijakan pengentasan kemiskinan ditengah masyarakat yang menjadi permasalahan daerah. ‘’ujarnya tegas. (rdh)

Design by Amanda @ Blogger Buster