Rabu, 17 September 2008

Kasus Anak Harus Perhatian Semua Pihak


*KPAID Kampar Dikukuhkan

BANGKINANG (RP), persoalan anak merupakan persoalan bersama yang harus menjadi perhatian semua pihak juga, untuk itu masyarakat termasuk pemerintah harus saling bahu membahu untuk mengatasi masalah anak. ‘’maka keberadaan KPAID tidak akan membawa manfaat yang maksimal kalau tidak didukung oleh masyarakat, ‘’ujar Bupati Kampar Drs H Burhanuddin Husin MM dalam acara pengukuhan anggota KPAID Kampar di aula Bupati Kampar di Bangkinang (17/9).

Pemerintah Kampar menurut Burhan juga merasakan keprihatinan yang besar terhadap meningkatkan kasus kekerasan pada anak, maupun kasus pencabulan dan kasus kasu lainnya yang menimpa anak anak kampar selama ini, karena dari data yang ada kasus pada anak ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dan salah satu upaya pemerintah dan juga berdasarkan UU dan aturan yang ada adalah dengan membentuk KPAID Ini.


‘’kita harapkan KPAID bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka kasus pada anak anak di Kampar, ‘’ujarnya.

Sementara itu Ketua KPAID RIau Dra Hj Rosnaniar dalam pengarahannya menyatakan, di kampar berdasarkan data kepolisian Kampar angka kasus kejahatan pada anak meningkat 100 persen setiap tahunnya, dan selama ini KPAID Riaulah yang turun ke kampar untuk kasus anak. ‘’namun dengan adanya KPAID di kabupaten maka beban ini dapat dibagi, dan langkah pertama diharapkan KPAID dapat mensosialisasikan undang undang perlindungan anak kepada masyarakat, ‘’ ujarnya.


Langkah sosialisasi menurut Rosnaniar sangat penting mengingat masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang undang-undang dan aturan ini, sehingga banyak dari mereka yang tidak mau mengadu atau melaporkan kasus yangt menimpa mereka sehingga banyak dari kasus itu didiamkan saja. ‘’Inilah yang harus diatasi, karena banyak dari kasus kasus ini yang tidak terungkap, ‘’ujarnya.

Tujuh pengurus KPAID yang dilantik adalah M Amin Sag dari Unsur PNS, Rahmawati SE MSI dari unsure akademisi, Adynata MAg dari unsure tokoh agama, Hafiz Tohar dari unsure Orsos/ormas, Ir Abdul Ghafar dari unsure Pengusaha/swasta, Rina dianti hasan dari unsure Media massa dan Netty mindrayani dari unsure LSM (rdh)

Design by Amanda @ Blogger Buster