Kamis, 07 Agustus 2008

Desa Lain Diharapkan Mencontoh Pola Desa Sungai Putih


Sebagai desa Siaga Terbaik di Kampar

KAMPAR TIMUR (rdh) Kepala dinas kesehatan Kampar H Hanafi M Kes meminta agar tenaga medis baik dokter, bidang dan perawat yang ada 249 desa lain yang ada di Kampar diminta untuk mencontoh pola yang digunakan desa Sungai Putih untuk pengebangan desa Siaga, karena desa Sungai Putih kecamatan Kampar Timur ini merupakan desa siaga terbaik dan menjadi desa percontohan bagi seluruh desa yang ada di kabupaten Kampar. ‘’untuk itu semua tenaga medis di desa dan kecamatan lain harus belajar kepada desa ini. ‘’ujar Hanafi (7/8) disela sela mengikuti menyaksikan kegiatan pelayanan Pos Yandu balita, Lansia, dan donor darah yang digelar Puskesmas Kampar Timur bekerja sama dengan PMI Ranting Kampar Timur, PMI Cabang Kampar dan Dinas Kesehatan.


Dalam acara itu hadir Kepala Puskesmas Kamprtimur dr H Fauziah, Kepala Markas PMI Cabang Kampar Mawardi Sag, aparat desa dan tokoh masyarakat setempat.


Sebagai desa Siaga, desa ini sudah memiliki perangkat pelayanan yang memadai seperti pos obat desa (POD), serta 10 orang kader yang aktif yang di bimbing langsung oleh Kepala Puskesmas serta pimpinan Pustu, dan bidan desa, bukan hanya itu partisipasi masyarakat sangat besar sehingga slogan ‘’ siap antar jaga ‘’ bagi yang menderita sakit bebar benar terwujud.
Dan yang lebih membanggakan menurutnya desa siaga ini sudah menyediakan sumur bor dan tower air bersih sebagai program sanitasi air. Ini sangat penting menopang kesehatan lingkungan. Kita melihat Poskesdes di Provinsi lain di Samarinda, ternyata Poskesdes di Desa Sungai Putih ini relative lebih lengkap . ‘’Kampar patut berbangga dengan desa sungai putih ini, ‘’ujarnya.


Selain itu Poskesdes di desa ini dilakukan secara rutin pertiga bulan, dan tidak hanya kegiatan Posyandu, pelayanan lansia, juga selalu disertai kegaiatan sosial donor darah ‘’ini juga menggembirakan karena minat masyarakat Kampar secara umum untuk mendonorkan darah masih sanat rendah, untuk itu bantuan dan kerjasama dengan PMI kampar sangat membantu masyarakat baik untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat juga untuk membantu mereka, ‘’ujarnya.


Kepala Puskesmas Kampar Timur dr H Fauziah melaporkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya. Kegiatan yang dilakukan beragam, mulai dari Posyandu balita, Posyandu lansia, donor darah, bahkan tak jarang digelar pengobatan massal, hingga penyuluhan yang terus berkesinambungan.‘’Kami sangat berterimakasih kepada pengelola Poskesde yang sangat aktif bersama bidan desa dan kader serta PKK desa. Karena pro aktif masyarakat sangat tinggi, sehingga tak jarang keinginan untuk kegiatan donor darah datang dari masyarakat,’’ ujarnya ***

Design by Amanda @ Blogger Buster