Rabu, 18 Juni 2008

Candi MUara Takus



Situs Tertua di Indonesia

Candi Muara Takus berada di desa Batu Muara Takus kecamatan XIII Koto Kampar, Candi ini berada di lahan seluas 94 hektar, sayangnya saat ini sudah banyak yang hilang dan luasnya hanya mencapai 3 hektar saja.
Candi ini terdiri dari Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Mahligai. Konon pada abad ke VII di Candi ini mempunyai kebudayaan yang sangat tinggi, dan merupakan pusat pembelajaran agama Hindu di Dunia, disini pernah berdiri universitas Hindu. Sayangnya keberadaan Candi kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

PMI Kampar Gelar Kampanye Donor Darah

Sempena Hari Donor sedunia

BANGKINANG (rdh) Bersempena dengan hari donor sedunia yang jatuh pada 14 Juni 2008 yang lalu, PMI Cabang Kampar menggelar Kampanyie donor darah disejumlah daerah yang ada di kabupaten Kampar. ‘’ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat betapa pentingnya kegiatan donor darah ini karena akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan, ‘’ujar Ketua PMI Kampar Drs H Zulher MS, melalui Kepala Markas PMI Kampar Mawardi Zakaria, Sag di Bangkinang (18/6).
Dijelaskan Mawardi, kampanye ini dilaksanakan dengan kejrasama berbagai pihak seperti kelompok masyarakat, lembaga dan instansi, maupun angkatan yang ada di Kampar, agenda kampanye ini adalah kegiatan donor darah PMI Kampar pada tanggal 16 juni 2008 lalu dilaksanakan donor darah di Kecamatan Perhentian Raja bekersama dengan Diskes Kampar dan KSM Kampar, bersempena kedatangan ibu Jusuf kala di kecamatan tersebut
‘’dan besok (hari ini) tanggal 19 juni 2008 PMI bekersama dengan Kodim 0313 KPR dalam rangka HUT Kodam I BB yang ke 58. Dan selanjutnya dilaksanakan di Mapolres Kampar tanggal 25 juli 2008 bersempena dengan hari bayangkara dan dilanjutkan di Polsek Tapung Hulu tanggal 26 juni 2008, semuanya dalam bentuk pelaksanaan kegiatan donor darah yang melibatkan personil dari angkatan tersebut, ‘’ujarnya.
Berikutnya, kegiatan donor darah akan dilaksanakan PMI Kampar bekersama dengan PT CPI wilayah Petapahan tanggal 28 juli 2008 dalam upaya kepedulian kemanusiaan PT CPI ditengah masyarakat sekitar perusahaan
Dijelaskan Menurut Mawardi, Kampanye ini untuk memotivasi masyarakat akan kesadarannya berdonor darah apalagi kebutuhan darah di Kampar sangat tinggi, “saat ini kebutuhan darah dikampar sangat tinggi dengan jumlah kebutuhan 115 s/d 160 kntong/bulan, sedangkan PMI baru mampu memenuhinya sekitar 60 persen kebutuhan/bulan”, ungkapnya.
Tingginya kebutuhan darah di Kampar ini disebabkan karena tingkat kbutuhan darah tersebut tidak memandang umur, baik bayi remaja maupun orang tua. sementara jumlah pendonor masih terbatas dan memiliki kriteria, seperti terbebas dari penyakit HIP/AIDS, Splis, Hipetitis, Diabetes dan tidak sedang menyusui bagi pendonor dara wanita. “Tapi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat, perlu diingatkan bahwa donor darah tidak ada efek sampingnya, apalagi setetes darah anda akan menyelamatkan nyawa orang lain”, ajaknya

PKS Khawatirkan Pencabulan di Kampar

Minta Aparat dan Pemkab Tindak Tegas Pelaku Pencabulan


BANGKINANG (rdh), Maraknya kasus pencabulan terhadap anak akhir-akhir ini telah merisaukan banyak pihak, salah satunya Partai Keadilan Sejahtera, yang memandang ini sebagai suatu penurunan moral masyarakat serta penurunan rasa melindungi. ‘’Ini juga menunjukkan kampar sudah tidak aman lagi bagi anak anak, dan ini sudah suatu hal yang memprihatinkan karena kalau sudah tidak ada wilayah yang aman untuk anak lalu bagaimana mereka bisa mendapatkan perlindungan? ujar Ketua Bidang Advokasi dan Pelayanan Konstituen PKS Kampar, Asep Hidayat di Bangkinang (18/6).
Kondisi ini menurutnta harus menjadi perhatian semua pihak terutama pemerintah , karena kewajiaban pemerintahlah untuk melindungi anak anak dari kejahatan yang luarbiasa ini, salah satu upaya yang harus segera dilakukan pemerintah Kampar adalah dengan segera membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID), , “Seharusnya pemerintah cepat membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kampar. Jadi, ada lembaga yang serius menangani persoalan anak.” ujarnya.
Sementara itu Ketua Bidang Kewanitaan PKS Kampar, Zurita Eliarti, menghimbau kepada aparat terkait untuk lebih serius menyelesaikan persoalan ini. Kasus ini sudah sangat mengkhawatirkan karena ini sudah menyangkut masa depan anak bangsa. Harus ada penegakan hukum yang tegas dari aparat. Dan pemerintah mestinya memprioritaskan kasus ini agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan. ‘’Kami mengharapkan ketegasan dari aparat terkait. Disamping juga ada penanganan psikologis bagi anak korban pencabulan ini.” ujarnya tegas.
Zurita menambahkan, semua elemen masyarakat juga harus melakukan tindakan pencegahan. Pembinaan keagamaan lewat pengajian umum dan remaja mesti dihidupkan lagi. Mari kita bangun lingkungan yang ramah dan aman buat generasi muda kita. Sebagai solusi preventif, DPD PKS Kampar menawarkan kader-kadernya untuk melakukan pembinaan keagamaan kepada masyarakat Kabupaten Kampar. Karena visi PKS adalah sebagai partai dakwah yang kokoh untuk melayani dan memimpin bangsa. Bagi masyarakat yang menginginkan pengajian bersama kader PKS tinggal menghubungi struktur partai terdekat.

Warga Jangan Terpengaruh Trend soal Lahan

BupatiKampar Lantik lantik kades Gobah

GOBAH (rdh) Bupati Kampar Drs H Burhanuddin Husin MM mengingatkan kepada masyarakat Desa Gobah Kecamatan Tambang untuk tidak mudah terpengaruh dalam mengalih fungsikan lahan, melainkan untuk tetap focus pada sebuah usaha yang mampu meningkatkan perekonomian.
Hal ini dijelaskannya dalam pelantikan Kades Gobah, Masrul Selasa (17/6). ‘’masyarakat kita saat ini cenderung mengikuti trend zaman dan kurang mempunyai pendirian dalam mengolah lahan yang ada. Salah satu contohnya, disaat sawit dianggap menguntungkan, masyarakatpun mengalihkan lahannya, begitu seterusnya pada tingkat usaha lainnya dan terkadang berujung pada penjualan lahan, tentunya hal ini akan menggangu sector perekonomian masyarakat yang tingkat kemiskinan di Kabupaten Kampar mencapai 23 persen.’’ ujar Burhan
Burhan juga menegaskan kepada masyarakat jika memang terpaksa menjual lahannya, untuk tidak menjual kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. ‘’akan lebih baik hal ini dibicarakan dengan pemerintah dan bila terpaksa lahan itu dijual kepada perusahaan daerah saja.’’
Kelemahan dari fenomena ini, salah satunya masyarakat cenderung kurang mengetahui bagaimana cara mengolah lahan sehingga mampu menghasilkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan perekonomian. ‘’kepada dinas perkenunan dan pertanian, berikanlah pengetahuan kepada masyarakat akan bagaimana sebuah usaha pertanian dan perkebunan dapat ditingkatkan, sehingga dapat memperkecil angka kemiskinan yang terjadi saat ini.’’
Sementara itu, untuk masing-masing camat serta kades harus memperhatikan permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat didaerahnya. ‘’camat dan kades saya tekankan untuk memperhatikan status kepemilikan lahan. Selain itu, instansi yang menjadi perpanjangan pemerintah di tingkat bawah ini juga harus memperhatikan status kepemilikan lahan dan berhati-hati dalam mengeluarkan surat keterangan tanah (SKT) agar tidak terjadi tumpang tindih atas kepemilikan lahan yang selama ini sering terjadi.
Hadir pada pelantikan Kades Gobah diantaranya, Wakil Ketua DPRD Kampar Marzuki Malik, , Kabag Pemerintahan Dendi Zulheri, dan tokoh masyarakat setempat (rdh)

Design by Amanda @ Blogger Buster